Wednesday, February 18, 2009

Susahnya untuk tidak mengkritik

Jujur : gue paling gampang mengkritik

Apa aja!

Dari gaya dandan orang, cara kerja orang, hasil karya orang

Hebat!
Berarti gue paling tau semuanya? Paling jago semuanya? Paling punya citarasa yg lebih dibanding semuanya?

Hahaha...
Nggak juga!

Kena batunya pas sesuatu yg menurut gue benar & bagus malah dikritik abis2an sama orang lain

Gak kesel sih, cuma berasa kerdil..
Yah, segini aja nih hasil kerja gue..selera gue..

Pada saat sadar, gue akan punya pendapat : citarasa itu kan variatif! Gak ada pemenangnya
Lha wong masing2 pasti punya variabel penentu yg berbeda2?
Masing2 punya gaya hidup yg berbeda2? Latar belakang budaya & pendidikan yg berbeda2? Lingkungan yg berbeda2? Pengalaman yg berbeda2?

Jujur episode 2 :
Pada saat gue masuk ke dutasuara & lagu yg diputar begitu enaknya menurut gue, lalu pada saat gue mo tanya ke kasirnya ini lagu apa&artisnya sapa, trus barengan sama org lain yg juga nanya hal yg sama..believe it or not : gue akan memutuskan lagu itu pasaran!
Gengsi gue itu sebuah bentuk keanehan yg menjijikkan!
Gue cenderung menyenangkan diri dengan berlaku aneh atau berselera beda dari orang lain, asal gak sama dengan orang lain..

Tapi untunglah beberapa peristiwa sedikit mendewasakan & meluruhkan kadar gengsi gue itu

Dulu, tiap kali sesuatu yg gue pake ada saingannya (terutama gadget), gue bisa seketika ngejualnya!
Gue yakin banyak saksi yg tau brapa kali dulu gue gontaganti Nokia? Palm?
.....Anyone?
Sesuatu yg sangat tidak gue banggakan sekarang ini...yucks!
Padahal duit2 itu kalo ditabung ato dibeliin emas udah bikin gue kaya sekarang!
Tapi tokh penyesalan gak bisa ditebus dgn apapun kecuali dipelajari...

Satu kekurangan gue yg justru menguntungkan gue dalam kasus kritik mengkritik ini adalah : sifat pelupa gue
Pada saat gue mencerca, memaki, nyumpahin, mbodoh2in sesuatu atau seseorang memang secara pol2an! Bahkan satu dunia bisa tau kalo gue gak suka sama 'sesuatu' itu.
Tapi coba liat 2-3 bulan setelahnya? Gue udah lupa! Hahaha...
Sering banget nih edu nyelain gue, "Loh?Bukannya dulu kamu sebel sama dia?"
Atau
"Kan kamu gak suka itu?"

Asiknya, jawaban gue bisa sepolos, "Masa sih?"
Atau
"Iya ya?"

Hahahaha...
Pelupa, gak konsisten...apalagi nih jeleknya gue?
Oiya, tukang nyela, tukang ngritik
Hihihi

At least, gue gak pernah maki2 blog orang, atau ninggalin comment yg jahat (walopun pada saat gue gak setuju sama isi blognya)
Mungkin itu ya keuntungan secara tulisan? Bisa diedit, bisa di delete...
Jadi kalopun gue udah gak tahan buat ninggalin comment yg jahat, tiba2 gue gak tega mencet "publish"
Pasti jadinya gue edit, lalu ninggalin comment yg 'sok bersifat positif & membangun'
Atau kalo perasaan mendidihnya 'susah disirem biar dingin', ya gue delete aja.....

Tapi ada satu hal yg akhirnya bikin gue bisa 'ngerem' mengkritik orang & berusaha ngeliat dari sisi jelek gue (still : bukan sisi bagusnya tu orang! Hahaha)
Akan lebih gampang kalo hal2 tersebut terpublikasi
Misalnya : buku, toko, film, restoran

Kalo dulu, gue bisa langsung nyemprot "ancur! Norak banget sih isi bukunya! Cetek gini..."
Sekarang, pada ujung semprotan (yg kadang belon kesemprot secara lisan) "tapi dia udah jadi sebuah buku, dibeli orang pula (biar kata cuma 1-2)" hahahaha

Kesimpulannya?
Kalo mo ngritik, take action dulu!
Take action? Take action apa?
Iya ya? Masa sih?
:-P


Regards,
iRa, ibunya aMMaR
http://ammarpipi.blogspot.com
http://izox.blogspot.com

No comments:

Post a Comment