Monday, August 10, 2015

WE celebrates breastfeeding


Ibu saya ibu bekerja, menyusui saya & adik saya sambil di tambah susu formula sejak 4 bulan (krn dulu blm ada organisasi ASI 'garis keras' kyk skrg ‪#‎eh‬ hehehe) lalu setelah punya cucu belajar ttg ASI eksklusif 6 bulan lanjut sampai 2 thn dan tdk wajibnya susu tambahan utk bayi & anak2. Sekarang mbahuti dgn senang hati berbagi soal cara memberi ASI perah dgn cangkir, pipet, spuit, sendok, sedotan, tutup botol, apalagi deh terserah hahaha
Saya konselor menyusui, pengurus organisasi ASI 'garis keras' ‪#‎ehlagi‬ , menyusui 3 anak udah pada tau yaa..
Nah yg banyak pd gak tau itu :
- anak pertama yg lahir 8 thn lalu gak IMD; pernah kena sufor di RS krn ASI 'gak banyak' kata suster ruangan dan bayi nangis terus & bilirubin tinggi; menyusui dgn puting lecet; tiap hari wajib makan katuk krn takut ASI kurang lagi; gak berani makan sambel karena takut ASInya pedes; kalo mompa gak pernah sukses krn cuma basahin pantat botol; pernah beliin pediasure krn panik pas anaknya diare & gak mau nenen/makan umur 8bulan; dan postingan pertama saya 8 thn lalu di milis ASIforBABY adalah gimana caranya memperkenalkan dot ke bayi ðŸ˜œ
- anak ke-2 udah aktif di organisasi, udah jadi konselor menyusui, udah ngerti resiko2 dot & susu formula. Tapi krn suami bawa pulang sample botol dot merk pl@yt3x, ternyata si mbak di rumah pake botol itu, lalu 'sukses' menolak menyusu 1 hari..Lalu pada suatu hari di kala saya ada kesibukan ke luar rumah dan masih di masa ASI eksklusif, stok ASI kurang & masih terjebak di kemacetan Jakarta, akhirnya minta stok ASI perah adik suami (yg kebetulan punya anak selisih 2 minggu saja)
- hamil anak ke3, anak ke2 masih menyusu di umurnya yg hampir 3 tahun. Karena kehamilan pertama keguguran akibat ektopik (hamil di luar kandungan), menyusui saat hamil ini agak bikin deg2an pastinya; di masa ASI eksklusif si nomer3 pernah menolak menyusu selama 3 hari yg pastinya bikin patah hati; karena ada 2 keponakan yg bergantung sama ASI perah saya, sempat deg2an kejar tayang perah selama 2 bulan
Anak saya yg pertama & kedua LAKI-LAKI dan hanya tau bayi minum hanya ASI, tidak tau ada susu yg diudek-udek (taunya UHT atau susu fresh), terbiasa dgn pemandangan ibu menyusui, orangtua yg menggendong bayi, dll. Anak pertama saya pernah dicemooh temannya karena ingin menggendong boneka (karena menurut temannya YG MASIH UMUR 3 tahun itu, anak laki2 tidak boleh gendong2 boneka atau main masak2an)
Banyak teman & saudara saya tau saya konselor menyusui, tapi juga banyak yang belum sukses menyusui dan tdk memberikan susu formula. Apakah saya berhak utk menjelekkan mereka? Menghakimi mereka? Memusuhi mereka? Siapa saya? Saya manusia biasa..jadi saya hanya bisa berusaha utk memberikan informasi yg relevan, yg berimbang, tidak bersifat menakut2i, apalagi sampai membuat si ibu menutup diri & kesal sama saya.
Perayaan pekan/bulan ASI adalah kesempatan yg baik utk menyampaikan banyak informASI dan meluruskan pola pikir & mitos2 yg kadung berkembang di masyarakat. Jadi saya mengakui bahwa momentum pekan/bulan ASI membantu kami organisasi ASI 'garis keras' dalam bergerak. Kami tidak pernah mengkotak2kan, apalagi menggaris2kan, atau mempolkadot2kan..bagi kami semua ibu dan calon ibu adalah sama : lebih dari berusaha, tapi AKAN selalu memberikan yg terbaik utk anak2nya.
Saya & organisasi 'garis keras' saya menghormati apapun pilihan setiap orangtua. Tapi kami selalu terbuka utk menjadi tempat curhat & bertanya soal ASI & menyusui. Kami pun terus berusaha utk membela hak2 ibu menyusui di Indonesia. Karena itu kami harus 'keras' dan 'solid' dalam mengkritisi cara pemasaran produk pengganti ASI, menggandeng pemerintah & organisasi lain, serta mengedukASI masyarakat, perusahaan tempat ibu bekerja, pemuka agama, dan pihak2 pendukung lainnya.
Bukan suatu hal yang salah kan kalau kita mengapresiasi hal yg baik? Karena keikhlasan adalah salah satu hasil dari 'pelajaran menjadi orangtua', maka kita pun harus bisa ikhlas melihat keberhasilan orang lain.
Liat orang cantik banget, bukannya jadi down dong...kita apresiasi "masyaAllah kece ya hasil karya Allah" walopun sbnrnya make-upnya tebel benerrr #eh
Liat orang kaya sukses, belajar aja gimana caranya dia bisa kaya. Biarpun bapak ibunya kaya, kalo dia gak bisa mantain kekayaan orangtuanya kan bisa aja dia jatuh bangkrut kalo males2an?
Begitu juga saat liat orang selfie, aplot foto makanan mahal, foto jalan2 ke luar negeri, belanjaan barang mahal, sertifikat ASI, foto ASI perah sekulkas penuh..
Ikhlas dimulai dari diri sendiri
Saya merayakan pekan/bulan ASI

No comments:

Post a Comment