Wednesday, December 21, 2011

kisah si lilin yang bikin ibu iya mbrebes mili...

okaiy...sekali balik ngeblog itu 'nagih' ya...hehehhe

Kali ini baru bisa menyusun kata-kata nulis perasaan saya sebagai seorang ibu dari seorang Ammar saat berulangtahun yang ke-5

30 November 2011 : Ammar berumur 5 tahun

Sudah bukan balita lagi, jelas! Anakku kini sudah masuk jenjang kehidupan barunya.
Yang bikin saya (& edu) senang bukan main : Ammar sudah berani minta dirayain (yang artinya dia berani menghadapi ke-tidak nyamanan-nya terhadap keramaian ulang tahun, hingar bingar tepuk tangan + nyanyian selamat ulang tahun & happy birthday + tiup lilin yang bagi Ammar cahayanya mengganggu sekali bagi matanya)

Jujur saja, kami (saya & edu) bukan type orangtua yang membudayakan merayakan ulang tahun anak dengan 'rame-ramean' karena kok ya pas, ortu edu & ortu saya juga bukan type yang seperti itu. Kalau pun mau makan-makan ya 'anak beranak' alias bapak-ibu-anak aja, pergi ke restoran mana, makan, lalu pulang. Nggak ada budaya tiup lilin sama sekali ;)

Tapi melihat 'keberanian' Ammar minta tiup lilin, bikin kami mikir-mikir...yo wis, mari kita ngumpul-ngumpul sembari aqiqah Bilal deh ya? (hehehe...tetep lho cari-cari alesan, demi nggak membudayakan ngerame-ramein ultah & membiasakan hal ini ke Ammar).

Akhirnya dapet lagi alasan baru : yuk kita ngumpul ngicipin hasil masakan chef Edu sembari aqiqah Bilal, sembari syukuran ammar 5 tahun. (yak, pas kebetulan edu lagi hobiiii banget eksperimen masak memasak, thanks to acara masterchef australia kayaknya...). ini pun kami hanya ngundang keluarga (yg rumahnya) dekat saja.

Dan biar afdhol adil, sekali di keluarga edu, sekali di keluarga saya (karena kalo disatuin, rumah kami gak muat) jadilah ultahan Ammar kali ini berkali-kali :
- di panti asuhan (gak ada tiup lilinan, ini udah kewajiban setiap tahun, setiap Ammar ultah kita kesini berbagi makanan enak & goodie bag ke 'sodara-sodara' kita lalu berdoa bersama)
- di sekolah : bagi-bagi goodiebag di pintu drop jemputan. Sekolah Cikal tidak membolehkan anak-anak merayakan ultah di dalam sekolah. Tapi karena Ammar ingin bagi-bagi goodiebag juga ke temen2 sekelasnya, jadilah saya nyantron depan gerbang, lalu pas bubaran sekolah, Ammar kasih goodiebag ke temen2nya satu2 di mulut gerbang biar gak melanggar peraturan..hehehe. Siangan dikit, gurunya kirim foto via Blackberry Messenger, Ammar didoakan & dapet ucapan selamat ultah dari guru & semua teman sekelasnya (lengkap dengan salaman & pelukan) so sweet...


- di rumah agungnya Ammar : tiup lilinan bareng bu ekki juga ternyata..karena ultahnya deketan hehe. Ammar kekeuh bikin kue angry bird pake wafer. Untunglah gak lama ekki dapet 'proper birthday cake' dari iman, jadi 'penonton gak kecewa' hahaha...
- di rumah uyutnya Ammar : tiup lilinan pake kue mini holland bakery 10ribu perak (yg penting tiup lilin lah ya! tokh itu cake gak dimakan juga sama yang laen, udah pada ilfil alias ilang feeling karena terlalu banyak ilernya ammar ketimbang kuenya...hahahaha)
- di paun (alias patiunus, rumahnya tante irarosa) bareng sama 5 temen2 yang lain yang ultahnya deketan : ini kuenya baru serius. Keren & enak buatan Tina Simanjuntak (@MommaRockStar yang hitz itu...lah?promo?hehehe...gak papa soalnya kuenya gratis! :D )

Diantara semua versi ultahan itu, yang paling bikin saya trenyuh & menahan isak adalah yang di paun, yang rame-rame...ini beneran saya sampe nangis...!!

Karena pada saat *jreng* tiup lilinnya, Ammar justru diusir sama temen2nya yang lain. Ammar sama sekali nggak boleh ngedeket ke kue+lilinnya itu. Akhirnya Ammar pun marah & (kembali) ndorong2 temen2nya yang lain. Gw terpaksa harus nge-block (alias peluk paksa) Ammar supaya dia gak ngedorong temen2nya. Ammar naaaangis sejadi-jadinya karena nggak 'sukses' tiup lilin. Harusnya kan tiup lilinnya rame-rame. Tapi Ammar selalu mau niup duluan / sendirian. Kalo temennya yang lain niup, dia marah & ngedorong lagi....
Saat itu saya bimbang sangat : bawa ke tempat lain alias 'mojok' supaya dia gak ngganggu; atau biarkan saja tokh ini ultahnya dia juga...tapi harus gw jaga badannya supaya nggak ngedorong anak lain. Setelah beberapa kali kasih kesempatan Ammar utk tiup lilin bareng, tetep gak sukses karena dia tetep nggak terima lilinnya ditiup yang lain, lalu ngedorong temennya. Akhirnya saya putuskan untuk tarik Ammar dari lingkaran tiup lilin, dan kasih kode ke ibu2 lain untuk nerusin tiup lilin-an tanpa Ammar. Pastinya Ammar makin nangis & makin ngamuk menghentak-hentakan badannya di dalam pelukan paksa saya. Tenaganya kuat banget sampe-sampe malemnya saya baru kerasa pegal2. Bahkan saya sempat terpental jatuh terguling. Saat itu saya nangis...airmata saya udah nyaru sama keringet yang terus ngalir karena berusaha peluk paksa dia & nahan amukannya. Capek, sedih, kecewa, (malu? mungkin..tapi sungguh, sekarang ini sudah terlatih untuk gak malu kok kalo karena anak tantrum mah) nggak enak sama yang lain...nyampur, baur, pingin teriak malah sebenernya. Saat dia menang mengatasi rasa ketidaknyamanannya, bisa me-manage ketakutannya thd cahaya lilin, hingar bingar keramaian, ternyata saya salah ambil keputusan untuk merayakannya bersama teman-teman lain (yg sepertinya dia belum siap untuk itu).

Maafin ibu ya Mar...
Tapi ibu tetap bangga sama Ammar karena anak ibu sudah lebih besar & bisa menguasai perasaannya terhadap keramaian & acara tiup lilinan...good job!


Terimakasih ya Allah, atas karuniaMu karena mengirimkan 1 guru terbaik untukku : Ammar


1 comment:

  1. Every weekend i used to visit this site, as i wish for enjoyment, since this this site
    conations actually nice funny material too.

    My site - Buy lift serum

    ReplyDelete