Wednesday, November 5, 2008

Stop Eksploitasi Anak!

Udah beberapa hari ini gw ketitipan nyawa seorang anak umur 13 taun di rumah gw.

Komplitnya, tadinya dia dititipin ibunya ke asisten gw si sri (yg pegang ammar). Berangkat dr kampung (kebumen), di mut berdua sama si mar calon asisten mertua gw buat bersih2 rumah. Ngakunya sih seumuran (16 taun) sama si yani (asisten gw yg cuci-setrika). Ternyata dia baru 13 taun!

Singkat cerita, baru semalem si mut di rumah sepupunya edu (yg lumayan deket banget dr rumah gw), dia minta pulang. Nangis!
Akhirnya dianterin ke rumah gw (karena kerabat nya yg deket ya si sri ama yani).
Tanya2 kenapa kok nangis minta pulang? Pertama jawabnya krn takut, tambahan keinget ama kampungnya.
Tapi gw teruuusss nanyain, yg mau kerja kamu ato ortu kamu?
Akhirnya dia ngaku dipaksa ortunya, krn ade2nya banyak, dan butuh uang...ouw gosh!!!!

Langsung gw putusin "sri,telpon ortunya,bilang kita pulangin aja.telpon travel,kapan ke jakarta,minta jemput mut disini!"

Eh eh eh...bapaknya gak brenti telpon sri lho! Sehari semalem, truuusss nelponin, nyuruh sri & yani buat ngebujukin mut biar mau kerja, malah minta cariin kerja di komplek gue. Kalo perlu kerja di gue aja (yg pastinya gw udah gak perlu tenaga tambahan lagi lah!)
Pas gw mo ngomong ama bapaknya, dia gak mau! Takut kali...

Hari berikutnya, pamannya si mut yg di jkt telponin sri, katanya suruh kerja sama dia aja (dia supir pribadi, istrinya guru, punya anak 2. Jadi butuh org utk jagain anaknya). Gw bilang sama sri, tanya anaknya mau ato gak? Si mut tegas jawab gak mau. Katanya, dulu pernah ikut bibinya dan dia gak betah! (Lah...berarti ortunya udah bohongin sri juga! Sebelumnya katanya dia blon pernah kerja sama sekali!)

Yang jelas, anak ini blon siap kerja, blon mau kerja, tapi dipaksa kerja!

Gw telpon bapaknya doong...
Eh dia gak mau ngomong ama gue! Dimatiin mlulu! Gila yeee...

Akhirnya gw tulis surat, gw bilang, anda sudah mengeksploitasi anak anda. Memaksa anak anda blablabla...
Oke, semua hari gini butuh uang! Tapi kalo memang anaknya masih dibawah umur (13 taun boook!!!) Ya gak boleh dipaksa doong???
Kenapa gak bapaknya aja yg kerja????
Tokh si mut kerja, maksimal pendapatannya gak lebih dari 400rb / bulan. Coba kalo bapaknya yg kerja? Mungkin bisa lebih! (Misal jadi tukang kebon, ato kuli bangunan...plisss!!!!)
Trus gw jg bilang bahwa di jkt skrg org pada takut ngambil anak di bawah umur utk kerja, soalnya lagi ada kasus syekh puji!

Gila ya!
Moga2 orang2 pada sadar...
Gimana rasanya kalo dirinya sendiri yg dipaksa utk berbuat sesuatu yg di luar kehendaknya? Mau gak?
Ini malah maksain anaknya sendiri?
Anak kandungnya sendiri!!!!


Sent from my BlackBerry® wireless device from XL GPRS/EDGE/3G network

1 comment:

  1. waduh ibu...hari gini banyk bgt kok org tua yg kyk gitu.bnyk org tua yg berfikir klo dia bs numpang "makan" ma anak.jd ngandelin anak buat nyari duit, g peduli ma kondisi anaknya...
    moga2 kita g jd org tua yg nyusahin anak kelak ya bu..
    amien

    ReplyDelete