Saturday, July 4, 2009

Jadwalnya sih selasa - rabu, tapi faktanya...

Hari ini gw dapet telpon konsultasi asi pagi2 jam 7 (temennya temen kantor edu). Barusan nutup telpon pertama, jalan 3 langkah, telpon rumah bunyi lagi : mantan babysitternya sepupu gw telpon juga
"Mbak, ini yani. Mau tanya susu yg bagus apa ya mbak?"
"ASI lah..kan yani tau?"
Si yani ini baru lahiran sebulan yg lalu, anaknya kembar. Keadaan ekonominya memang tdk memungkinkan utk mempekerjakan asisten rumah tangga, apalagi babysitter. Jadilah ibunya dari kebumen diimport buat mbantuin.

Keluarga gw emang memperlakukan asisten rumahtangga seperti sodara. Apalagi kayak yani yg ngerumatin spupu gw dari bayi ampe sd kelas 1 & akhirnya dia pamit baik2 krn ditawarin kerja di salah satu tenantnya karfur. Jadinya walopun udah keluar, tetep sering dateng, main sama spupu gw kalo libur. Termasuk sewaktu dia kawin, hamil & memutuskan utk gak kerja lagi. Makin seringlah dia dateng ke rumah nenek gw & ketemu gw (soalnya tantenya dia masih kerja sama nenek gw..hehe). Jadi sempet gw 'tatar' ttg asi.

Waktu lahiran pun gw beliin breastpump & dia terus konsultasi via telpon ttg perkembangan anaknya.

Sampe akhirnya terjadilah percakapan telpon ini dan yani sambil nahan nangis cerita, ibunya maksa utk ngebawa salah satu anaknya pulang ke kebumen. Karena kesian liat yani kewalahan pegang 2 bayi. Mana bayinya nangis melulu. Mana pup bayinya encer. Mana bayinya minta nyusu melulu. Ibunya pikir asinya kurang. Yaninya pun baby blues.

"Ya udah, nanti siang mbak ira kesitu ya sama ibu. Yani sms-in alamat rumah yani ya."

Jadilah gw berjuang jemput nyokap abis pengajianke mesjid sundakelapa (nerobos pasukan motor & bis yg pada mo kampanye), jemput bokap ke pulomas (kembali nerobos pasukan kampanye sepanjang pramuka-pemuda), baru naek tol dalam kota yg macet (iyelehyee...weekend!), lanjut jorr, trus turun di lb bulus, karena smsnya "depan uinn masuk jl legoso lurus sampe jl talas 1 dpn musholla ada warung tanya kontrakan yani mbak"
Untung seribu untung ada google latitude ya, tinggal 'get directions' walopun cuma ada talas 2 di golat :-P

Akhirnya setelah perjuangan lawan macet 45 menit dari ujung lb bulus sampe uin, ketemu juga jl legoso. Menuju jl. Talas pun berlikaliku & makin sempit.
Sempet salah jalan, dan atret tidak sempurna menyebabkan lebam sedikit deket lampu blakang mobil.
Untuuuung di sunkel sempet belibeli tempe goreng&air kelapa. Jadi udah berasa piknik di mobil.

Singkat cerita, sampelah di alamat. Dari parkiran mobil ke kontrakannya jalannya menurun dan berundak2 curam (kesian sih nyokap..tp lbh kesian lagi bokap,soalnya sambil gendong ammar..hahaha)
Sampe disana, gw ngajarin yani posisi menyusui bayi kembar, nyokap ngewejangin ibunya yani. Ammar sperti biasa, gak betah di rumah orang..minta pulang
Jadi bokap gw jalan2 keliling ngehibur ammar

Banyak keluhan2 yani yg emang bikin dia jadi makin stress. Mayoritas justru krn ibunya yani. Yani dilarang makan ini itu, gara2 pup bayinya encer kuning berbiji2. Bayinya disuruh ditambah pisang. Bayinya gak boleh dipotong kukunya sampe 40 hari (jd hrs pake sarung tangan terus). Yg justru kesemuanya itu bertentangan dgn 'penataran' gue pas hamilnya dulu.
Bener kan feeling gw, ngajak nyokap kesana. Karena yg harus ditatar justru ibunya yani. Coba kalo gw yg ngomong, gak seampuh nyokap kali..ditambah lagi, nenek gw jg ikutan nelponin ibunya yani sepulangnya kita dari sana (disuruh nyokap sih..hehehe)

Kluar parkiran, gw nyalain golat lagi..daaaan ternyata hanya 3 belokan, sampelah kita ke jl raya pd cabe!!! Hihihi...ternyata!!!

Jgn lupa, hari ini yg paling berjasa besar adalah : Ammar!
Karna ammar berkorban gak jadi nonton pentas kesenian anak nasional di gd kesenian (yg udah diplanning dr kmaren2)
Karna ammar jadi model 'anak yg cuma minum asi 6 bulan, gak makan yg lain2 & ibunya tetep makan cabe dll kok'

Trus sampe rumah, telponku berdering lagi "mbak,aku mo konsultasi asi" hehehe...
Gak ada hari libur utk jualan asi!

No comments:

Post a Comment