Wednesday, May 21, 2008

Tipe peresah & tipe penggerak

Hari sabtu gue & edu ke free seminar MINDSET REVOLUTION by Bong Chandra.
Menakjubkan! Pembicaranya baru 20 tahun! Tapi kualitas bicaranya patut diacungi jempol. Ini baru modal Indonesia BISA selain para anak bangsa pemenang olimpiade2 fisika, astronomi, dll yg kemaren malem mejeng di acara 100 tahun harkitnas ya...
Di seminar itu banyak hal yg bisa dijadiin pelajaran. Salah satunya tentang 2 tipe manusia :
Tipe peresah & tipe penggerak
Tipe penggerak bgitu positif, bgitu menyenangkan & nyaman kalo berada dekat kita. Salah satu cirinya kalo ngomong suka diulang2. Misal ada tamu dateng ke rumahnya, dia langsung ngomong, "ayo masuk masuk masuk masuk....duduk duduk duduk...."
Apa gue kalo ngomong suka diulang2? Enggak enggak enggak!!!
Hehehe...
Satu lagi tipe peresah : bawaannya bikin susah! Salah satu ciri khasnya, kalo pegi kmana2 bawa obat pusing lah, obat gosok lah...(Hmm...mirip bener ama nyokap gue)
Trus kalo lagi ngumpul nih, isinya kompleeeeen mulu...dan gak pernah mau kalah ama yg laen!
Misalnya nih, "aduh kpala gue tuh tadi malem sakit banget"
Trus temennya nyaut, "sama, gue juga...udaranya kali ya?mau musin flu"
Si tipe peresah pasti gak mau kalah, "enggak! Bukan flu! Ini beda deh sakitnya kayak digetok2 palu"
Parahnya kalo temennya sama2 tipe peresah, "sakitan gue lah...badan gue lebih gede, pasti palunya gedean gue!"
Trus aja tuh bedua brantem parah2an sakit....hehehe
Yang asik itu kalo tipe penggerak pusing, ktemu tipe peresah.
" Hmm..kepala gue kok agak sakit knapa ya?knapa ya?knapa ya?"
Sahut tipe peresah, "tuh kan gue bilang apa, makanya bawa obat gosok kmana2! Angin tuh! Lu smalem naek motor gak dobel 3 sih jaketnya!"
Tipe penggerak akan menjawab, "untung ada lu kan, jadi gw tinggal minta obat aja ke elu....ya kan?ya kan?ya kan!!!!"
Hehehe

Sbenernya either gue peresah ato penggerak, penggolongan kita masuk tipe mana itu bukan hasilnya. Tapi justru proses kita untuk perbaikan kualitas diri kita. Kalo kata Bong Chandra kmaren, kalo di rumah kita isinya peresah smua, mending pisah sementara dulu. Kalo bujangan sebisa mungkin kost aja...hahaha
Tapi itu mungkin dari kacamata seorang Bong Chandra umur 20 tahun, single & masih free. Buat gue atau edu, gak bisa dengan gampang memisahkan diri dari komunitas yg cenderung peresah.
Palingan ya banyak2 berkumpul ama tipe penggerak aja.
Dan satu tipe yg mau gue tambahkan disini :
Tipe waspada
Jadi dia nggak peresah, tapi nggak cuek2 amat juga...
Gue merasa 2 tipe awal adalah zona ekstrim yang berlawanan. Dan menurut gue, kita nggak bisa terus2an berada di zona ekstrim melulu kan?
Ada kalanya kita harus siap dan tidak mengandalkan orang lain.
Tipe waspada bukan pencuriga, tapi lebih ke persiapan, hati2, tapi bergerak dan tidak diam ditempat!

Ini terasa banget dalam membesarkan anak (karna dunia gue skarang cenderung ke dunia ini...hehe)
Atau bisa juga saat kita dealing with coordinate.
Saat kita peresah, "ammar jangan lari nanti ja..." BRAK!!!! "...toh....duuuh, ibu bilang apa deh!jatoh kan!"
Atau saat kita peresah, "pur, tolong ke warung beliin batre eveready ya! Bukan merk @*C! Harus eveready! Kalo gak ada eveready gak usah beli!"
Lalu pur pergi ke warung, dan pulang membawa batre merk @*C bukan eveready...gosh!!!!!
Susah susah gampang atau gampang gampang susah?
Hehehe....
Susah gampang gampang yaaa....
Susah tapi bisa!

Semoga menjadi sebuah pembelajaran...:-)


Regards,
iRa, ibunya aMMaR

http://ammarpipi.blogspot.com

http://izox.blogspot.com

11 comments:

  1. bener bgt pak bong emang "gila"

    ReplyDelete
  2. hmm..
    Menarik... siapakah bong ini?

    ReplyDelete
  3. mantap bong chandra..!!!

    ReplyDelete
  4. hah!? Dah boong gila? siapa tuh?

    ReplyDelete
  5. Bong Chandra, the youngest motivator..
    Ikut aja seminarnya, keren abiss

    ReplyDelete
  6. SETUJU BANGETZ... BONG CHANDRA NGASIH BANYAK BANGET INSPIRASI N PEMBELAJARAN BWT KITA....

    ReplyDelete
  7. dia muridnya Tung Desem bukan ya? mirip mirip judul2 seminarnya ama CD audionya...

    ReplyDelete
  8. bong chandra yg menemukan pencerahan diusia kepala 2 sudah financial freedom!!! milyarder!
    motivator termuda no. 1 di Asia!
    tampan dan cerdas, orang yang sangat menarik.
    bagaimana sebenarnya kehidupan beliau sehingga bisa seperti itu?
    ada yg tau link profile background beliau?kok bisa sukses begitu di usia manusia lain sedang kuliah dan main2.
    thank you
    lydia-tangerang

    ReplyDelete