Thursday, March 19, 2009

love your life, live your life!

Mami Tri (tante gue) iseng :
Masak nasi, trus dibagi di 2 mangkok yg kualitasnya sama, merknya sama, modelnya sama
Nasi di mangkok A dicaci maki, "gak enak lo! goblok! tolol! jelek! bau!" dan sebagainya yg jelek2 lah pokoknya
Nasi di mangkok B dipuji-puji, "sayaaang, aduh putihnya, enak banget! cakepnya! wangi! harum!" dan sebagainya yg indah2
Hasilnya, 2 hari kemudian si Nasi A coklat, tengik, berair, bau
Nasi B sedikit berair, tapi nggak bau! nggak berubah, masih putih juga

Wow!

Trus gue inget, gue pernah punya pengalaman nyaris2 mirip
Waktu itu gue kehabisan beras, trus mo beli ke agen beras deket pasar
eeeh...ternyata tuh agen tutup
Terpaksa deh beli ke pasar
Beras cap jambu
Tapi gue curiga kok rada beda ya di pegangnya...
Ya sudahlah beli aja 5 liter, wong di rumah berasnya abis bis
Bgitu sampe rumah, gue cium2, gue pegang2 lagi kok kayaknya beda ya?
Eh bener, pas dimasak jadi benyek, gak enak (padahal takerannya sama, rice cookernya sama)
Akhirnya besoknya gue pagi2 ke agen beras langganan, beli sekarung
Beras yg gak enak itu gue bawa ke rumah nenek gue aja (kan dia hobi bagi2 beras ke orang2 tuh...hehehehe)
Seminggu setelah gue anter beras itu, gue makan di rumah nenek gue (waktu itu masih di kramat, blom pindah) sambil si mbah cerita kemaren beras dari gue itu dikasih ke tukang jaga kuburan uyut gue (yg rutin dateng tiap tahun ambil uang kontrak petak kuburan uyut)
Trus si mbah nanya, " enak nggak nasinya? ini mbah beli di tukang beras yg lewat kemaren...katanya enak banget, pulen"
Dan emang ni nasi enak kok : dalam artian nggak benyek, nggak keras, nggak burek
Trus gue bilang enak, pengen liat dong kayak apa berasnya
Pas ditunjukkin sama mbak imah (asistennya mbah),
LOH? KOK?
Ini mah kantong plastik beras yg dari gue itu (gue inget soalnya kantongannya ada sablonan toko kain gitu)
Trus si mbah bingung plonga plongo
Jadi ternyata si mbak imah salah kasih!
Yang dikasih ke tukang kuburan itu yg beras mahal
Yang di keep yg beras dari gue
Padahal merk rice cooker yg dipake mbah sama persis sama punya gue deh
Takeran airnya juga saaammmmmaaa!!!

***

Bayangin,
Itu nasi & beras : cuma benda!
Nggak bernyawa, nggak punya perasaaan, nggak punya akal
Gimana kita yg manusia
Kalo kita terus dijelekin (apalagi menjelekkan diri sendiri, gak percaya sama kemampuan kita)
kapan kita bisa bagus?
Begitu juga dalam mendidik anak
Si mbahkung-nya Ammar (baca : bokap gue) itu selalu berucap "ini bandel, nih anak!" dengan bangganya (dari ammar umur 2 hari, di rumah sakit, dia udah bangga dengan 'kebandelan' cucunya)
Jadilah Ammar 'bandel' kalo ada mbahnya (untungnya cuma kalo ada mbahkungnya itu)
Setiap liat mbahkung, pasti nyari selendang, minta gendong (bisa sehari suntuk minta 'endong endang', kecuali mandi, atau cebok...bahkan mbahkung nya makan ato mandi pun ditangisin!!!)
Tapi kalo sama gue atau orang lain nggak gitu kok....

So?
Punya gambaran kan, akan seperti apa anak kita kalo kita sering nyalahin atau ngejelekin dia?
InsyaAllah gue bisaaaaa ngurangin omelan gue kalo si Ammar lagi 'pinter' (ganti kata 'bandel') deh...hehehehe

No comments:

Post a Comment