Monday, March 16, 2009

Ngajarin Ammar "Tarik Nafas...."


Ammar baru dibeliin gordon set (kereta2an temennya si thomas the engine) lagi ama bapaknya
Tadi malem karena kekenyangan maem kfc di pim sama mbahkung, mbah uti & bapak (hehe..ibunya sibuk reuni ke senci, jadi gak ikutan), trus ketiduran kluar kfc
Jadi gak sempet liat gordonnya...
Sampe rumah, lanjut tidur walopun listriknya mati akibat hujan badai + es sorenya...

Waktu besoknya bangun pagi, clingak clinguk bapaknya nggak ada (lagi di kamar mandi) udah mau mewek...trus gue bilang, "eeh...anak pinter udah bangun ya! Le, kan dibeliin gordon loh sama bapak...ada di luar! yuk turun yuk...mundur ya turunnya! main gordon!"

Ammar langsung atret turun dari tempat tidur, "main godon! main godon!"

Bisa ditebak : senengnya bukan main, girangnya tak kepalang!

Tapi pas ngeluarin si gordon dari kardus, susahnyaaaa setengah mati
(yeap, semua produk tomy emang hebaaadd bener packingnya!)
Agresi amarah pertama : nggak sabar karena gordonnya nggak kluar2, mulai triak2 emosi
Begitu udah keluar, gue gak langsung kasih ke dia. Gue bilang, "cium bapaknya dulu, bilang terimakasih...sayang bapak gih, kan udah beliin ammar gordon"
Tapi dasar udah gak sabar, perhatiannya dia cuma ke gordon, gak ke omongan gue...
Yo wis lah...
Tokh begitu gordonnya ditaro, disusun selurus mungkin (sampe diukur sambil tiduran segala), trus bapaknya langsung disamperin, dipeluk-peluk, dicium-cium...hihihi

Begitu bapaknya pergi kerja, si gordon ditenteng...
"Loh? Si gordon mo dibawa kemana, Le?"
"dedek apis!" >> Maksudnya dedek Hafis, temennya ammar, tetangga depan yg umurnya beda 1 bulan
Ya ampuuunnn....dia mo pamer ke hafis punya gordon!!!
Trus gue kasih pengertian kan, kalo ke dek hafis harus main bareng yaaaaa....

Tapi blum sampe ke pager rumah, dia balik badan sambil marah2, nangis2, ngamuk!
Nggak tau kenapa...
Ditanya kenapa kok nangis malah makin nangis, makin marah
Digendong gak mau, dipeluk gak mau
Ya udah, gue diemin aja...akhirnya capek sendiri trus minta minum ke gue
Nggak lama si sri ngajakin ammar ke rumah hafis lagi
eeeh....dia nangis lagi!
Ooo...kayaknya dia gak mau ke rumah hafis, gak mau sharing mainan, cuma mo pamer doang kali...
Yo wis lah, main di rumah aja
At least dia udah tau resiko kalo pamer, harus mau sharing..hihihi

Disusun lagi tuh gordon, tapi gak lurus lagi...MARAH lagi!!
Oke, kali ini harus agak keras
"Ammar coba lagi dong, jangan nyerah trus nangis...ayo tarik nafas tarik nafas"
(Saat itu gue cuma kepikiran nyuruh dia tarik nafas aja...gak inget dia udah ngerti apa belom..hihihi)
Ya pastinya amukan terus meledak lah...gak bisa dibendung dengan nyuruh tarik nafas
(gue gak pernah 'turun tangan' langsung bantuin untuk ngelurusin susunan keretanya kalo dia ngerasa gak lurus...emang sengaja...biar aja dia yg ngelurusin, kalo nggak nanti takut kebiasaan manja)
10 menit ngamuk2, akhirnya capek juga, trus diem, minta minum lagi...hahahah

***

Ammar umur 2 taun ini mungkin masih gue tolerir lah kalo susah ngendaliin amarah kayak gitu
Gue anti sama hukuman fisik (centil, pukul, cubit, dll)
Palingan cuma "telunjuk sakti" sama pelototan aja
Ngasih tau, tapi berusaha nggak terlalu bawel (ini yang susah loh!)
Moga-moga gue bisa ngajarin dia ngendaliin amarahnya ya...

Kan kalo orang gak bisa ngendaliin amarahnya, bisa nyakitin orang2 sekitarnya
Merasa paling bener sendiri...gak peduli perasaan orang lain yang sengaja ato gak sengaja jadi tersakiti...
Astaghfirullah...jangan sampe ya nak...
Ibu juga berusaha utk gak jadi orang kayak gitu (lagi) kok...
InsyaAllah...
Kita berbuat, bertindak, berusaha karena Allah
Kalo gak tercapai, atau kalo dinilai salah sama orang, Lillahi Ta 'Ala
Allah yang tau, ya nak....
Kita udah berusaha utk yg terbaik
Nggak usah marah2
(Sekali lagi) apalagi sampe menyakiti perasaan orang lain ya...
Semoga kita bisa belajar sama-sama ya....Amin ya Robbal Alamin!

No comments:

Post a Comment