Monday, April 21, 2008

Kami orangtua...hah!

Tadi pagi kita ikutan parenting seminar di gymboree pd indah skolah si ammar
Pembicaranya tika bisono, dgn materi kecerdasan majemuk
Sangat menarik & banyak manfaatnya buat gue & edu
Kita jadi lebih tau apa alesannya ammar so sensitive & mudah trauma
Kayak tadi mbak tika contohin bahwa anak jangan dipaksa utk mendeskripsikan keinginannya. Kita sbg orangtua (dan org2 yg lbh tua disekelilingnya sbagai stakeholdernya) yg harus cermat menanyakan maunya & peka terhadap kebutuhannya.
Ya bener juga sih, kalo ada anak kecil yg bisa describes apa maunya, namanya bukan anak kecil! Namanya sudah matang dlm berfikir, bahkan dia gak perlu kita org dewasa utk menolong dia!
Gimana caranya biar kita peka thd kemauannya? Kita mesti deket sama anak, kenali kepribadiannya. Sekarang gimana mau kenal kalo 24/7 ama embak ato encus? (Ooppss...hehehe,bukan bermaksud 'menyambit' ya...) Itu kan cuma helper, not mcdonalds delivery! Hahahah...jakasembung! Enggak nyambung...

Overall materinya sangat sangat bagus. Kita disadarkan bahwa 'melarang' bukan cara terbaik untuk membentuk kepribadian yg baik. Akan lebih baik dengan 'memberi pengertian' & memberi contoh....hehehe,susah ya!

Dan gue sukanya ama mbak tika ini, orangnya masih menjunjung tinggi totokromo & nilai2. Tidak kolot, tapi temoto. Nggak memusuhi modernisasi, tapi nggak tenggelam hingarbingar trend luarnegeri. Maksimalisasi teknologi, tapi tetep berjiwa 'pramuka'. Dia cerita ngebawa anaknya ke cinangneng (or cinongneng?cinangnong?duh..lupa!cmiiw) tanem padi, mandiin kebo, ngeronda...hal2 kecil, tapi ternyata susah utk dilakukan, dan setelah berhasil dilalui ada rasa puas & kegembiraan yang gak ternilai materi.

Gue jadi inget jaman gue kecil, ikut pramuka & it was fun! Bahkan gue keep the spirit sampe smp, tetep aktif di penggalang & dicap agak aneh oleh beberapa temen gue...hehe...its okay, being aneh is not a crime!
Kemping, berjejalan dengan tanah, ujan2an, tracking yg lumayan jauh...
Waktu berlalu, sma & kuliah gue bertransformasi menjadi anak instan, maen ke mal, kalo nggak absen di mal seminggu berasa ada yg ilang...
Bgitu di kantor ada outbond...halah!!!
Cacimaki, sumpah serapah, kluar smua!
Gue nggak kuat! Bahkan waktu high-rope, gue menyerah jatuh sebelum 3/4 jalan! Apa-apaan nih? Gue biasa dengan fasilitas! Gue sekolah & kuliah capek2 bukan dengan cita2 bekerja fisik!

Gara2 seminar tadi,
Gara2 cerita cinangnengnong tadi,
gue berpikir : jangan sampe ammar menyerah di highrope kayak gue.
Ammar harus kenalan ama alam, kenalan ama indahnya petualangan ala pramuka gue dulu.
Ammar nggak boleh gue jejelin mal plaza mal plaza mlulu
Sekali lagi : memberi contoh...gue ato edu harus memberi contoh...hihihi...bisa gak yaaaww???

- - - - -

Kelar seminar, karena seminarnya di'sponsorin' sama sufor...jadi quiz2nya juga pertanyaan mengenai sufor tsb. Dan ditutup dgn foto bersama tika bisono dgn backdrop merk sufor tsb.....sori2 stroberi, gue sebagai lactivist tidak bisa ikutan acara ini yaaa...
Thanks 4 the free seminar, but 'NO THANKS' kalo involve di sufor ya....hehehehehehehehehehe


Sent from my BlackBerry® wireless device from XL GPRS network

No comments:

Post a Comment